Jumat, 18 Juli 2014

Lain Dulu Lain Sekarang

Sejak awal Ramadhan, group BBM ataupun Whatsapp sudah mulai ramai. Seperti biasa, moment Ramadhan dijadikan sebagai moment pertemuan. Istilahnya, buka puasa bersama. Iya, baik dari teman SD, SMP, SMA bahkan teman-teman semasa kuliah dulu pun sudah mengusulkan Ramadhan tahun ini untuk bikin acara buka puasa bersama.

Beberapa hari yang lalu, di twitter, saya me-retweet salah satu tweet @infoDuri, katanya, "Info : buka puasa bersama rawan CLBK." Duh. Saya pikir inilah yang menginisiasi saya untuk menulis kali ini. Seperti biasa, menulis sambil mendengarkan lagu kenangan memacu ingatan yang (mungkin) sempat dilumpuhkan. Hehehe.

Tahun ini saya tidak berjodoh untuk ikut segala macam agenda buka puasa bersama itu. Khususnya dengan mereka yang hampir setiap tahun mengadakan buka puasa bersama. Saya Rindu ! Nah, mudah-mudahan dengan menuliskan dan menjemput kenangan itu bisa mengobatinya.

Lain dulu lain sekarang !
Setelah tamat SD, teman-teman SD masih satu SMP dengan saya. Belum kerasa pisahnya. Walaupun beda kelas dan sudah punya teman baru, tapi peluang untuk berinteraksi masih banyak.

Setelah tamat SMP, baru mulai memilih jalan masing-masing. Pada umumnya sudah pisah karena sudah beda SMA. Kalau sudah begitu, sudah pasti juga beda kegiatan. Akhirnya, perlahan-lahan mulai beda aliran.

Nah, sampailah ke masa-masa harus pisah beneran. Tamat SMA, setiap orang punya pilihan masing-masing menuju kesuksesannya. Saya memilih merantau ke Padang melanjutkan studi di Universitas Andalas. Walaupun tidak sedikit teman-teman SD, SMP, dan SMA yang melanjutkan sekolahnya ke Padang, tapi sudah beda jurusan. Peluang untuk bertemu dan berinteraksi sudah sangat sedikit. Bahkan harus nyuri-nyuri waktu untuk bisa kumpul lagi. Maka jadilah Ramadhan itu sebagai moment temu kangen.

Tahun pertama kuliah, Ramadhan pertama di tahun itu sudah pasti sangat spesial. Bagaimana tidak, yang tadinya bareng-bareng selama sekolah, tiba-tiba harus pisah. Sudah pasti semangat sekali untuk bertemu mereka. Berbagi cerita suka duka di perantauan. Menceritakan tentang mimpi-mimpi yang akan dicapai. Kemudian berjanji, 10 tahun lagi kita ketemu dan sudah bawa keluarga, ya? Duh.

Nah, ketika menuliskan ini, sebelumnya saya mencoba untuk membuka lagi folder foto yang masih tersimpan. Tidak banyak, tapi berkesan. Kali ini saya menemukan foto buka puasa bersama tahun 2012 yang lalu. Waktu itu sudah masuk tahun ketiga kuliah. Sudah banyak yang mulai sibuk dengan tugas akhir. Alhasil, temu kangennya tidak seperti sebelumnya. Tapi tetap Alhamdulillah. Masih bisa dipertemukan dengan mereka yang pernah jadi bagian ini.















Dari sini saya hanya bisa mendoakan, mudah-mudahan segala yang dicita-citakan tercapai. Aamiinn..
Sampai jumpa kawanku !


salam dari jogja,
mellysyandi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar